Lava Tour Dukuh Kinahrejo

Mau Tahu Tur Anti Mainstream? Cobain Aja Lava Tour di Dukuh Kinahrejo

Posted on

Masih ingat dengan berlangsungnya bencana letusan Gunung Merapi yang menerpa kawasan Sleman, Yogyakarta, juga sekitarnya akhir tahun 2010 lampau? Di saat itu, hembusan awan panas keluar dari atas puncak Merapi meluluh-lantakan perkampungan penduduk yang ada di kaki Merapi juga menewaskan nyawa hingga ratusan orang. Satu dari beberapa desa yang kena dampak paling parah ialah Dukuh Kinahrejo, kawasan kediaman alm. Mbah Maridjan, mantan juru kunci Gunung Merapi. Dukuh yang cuma berjarak 4 kilometer dari puncak Merapi tersebut hancur lebur ditimpa oleh awan panas serta material vulkanik lain. Kinahrejo yang sebelumnya hijau dan asri dalam sekejap saja berubah jadi lautan pasir kering dan gersang. Satu-satunya bangunan asli yang sanggup bertahan hanya mushala yang ada di dekat samping dari rumah Mbah Maridjan.

Kini, 3 tahun pasca bencana dahsyat itu, aktivitas di Dukuh Kinahrejo mulai bergeliat lagi. Walaupun sudah tak lagi dihuni oleh penduduk sebab dilarang oleh pemerintah RI, dukuh ini sekarang ramai dikunjungi wisatawan ketika dibukanya paket wisata anti mainstream yang diberikan oleh agency paket tur wisata yaitu Lava Tour. Lava Tour kini jadi andalan pariwisata pemerintah daerah kab. Sleman dan diharapkan sanggup menarik 100.000 wisatawan per tahunnya. Paket Lava Tour pasti mengajak Anda tuk menonton keindahan panorama Gunung Merapi sekaligus mengenang lagi kedahsyatan awan panas Merapi untuk bisa melihat bahwa alam pun jika dirusak pasti akan marah.

Untuk masuk ke area sisa Desa Kinahrejo sendiri tak dipungut biaya, selain biaya parkir bila Anda bawa kendaraan bermotor dan tiket masuk saja. Tiket masuk tuk per orang tergolong murah yakni Rp. 7.000/anak kecil dan Rp. 15.000/dewasa. Kemudian biaya parkirnya ialah Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000 – 10.000/mobil. Dari tempat parkir kendaraan bermotor itu, Anda masih musti berjalan kaki lagi hingga tiba ke lokasi. Bila Anda tidak mau berjalan kaki, disediakan transportasi sepeda motor bebek, motor trail serta jeep yang pasti membawa Anda naik keatas berkunjung ke bekas kediaman Mbah Maridjan dan tempat-tempat lain di sekeliling area Merapi semacam Kali Gendol, dan sebagainya.

Tarif sewa kendaraan bervariasi mulai dari angka Rp. 20.000 tuk ojek motor, Rp. 50.000 tuk motor trail s.d Rp. 250.000 kendaraan jeep jika disewa. Walaupun tarif sewanya lumayan mahal, dengan memakainya Anda bisa naik motor trail atau seru-seruan naik jeep, Anda bisa bertualang lebih jauh lagi tuk melihat sisa-sisa dari erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Saat Anda berminat berpartisipasi dalam paket wisata Lava Tour ini, ada bagusnya datang saat pagi hari supaya Anda bisa melihat langsung keindahan pemandangan Gunung Merapi. Bila matahari sudah beranjak naik dari singgasana di belahan bumi sana, Gunung Merapi biasanya telah tertutup kabut tebal hingga sulit buat dilihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *